Posted by : tkj restu hadi(restuwaw) Jumat, 08 Maret 2013



Sep 11, 2011 by Ao Rohiman Under Tips & Trik - 16 Comments  
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/08/printer-icon.gifPrinter adalah alat yang dapat kita gunakan untuk mencetak documen (tulisan, gambar dan tampilan lainnya) dari komputer ke media kertas atau yang sejenis. Saat ini terdapat beberapa merk printer yang beredar dipasaran seperti  Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan yang lainnya.
Dari berbagai merek dan tipe printer yang ada, secara garis besar kita dapat mengelompokkan printer menjadi 3 jenis saja, yaitu printer inkjet, printer laserjet dan printer dot matrik. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing printer tersebut, berikut sedikit ulasanya.
Jan 25, 2011 by Eko Supriyanto Under Tips & Trik - 34 Comments  
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/01/fix_your_own_printer_graphic-295x300.jpgMerawat lebih mudah daripada memperbaiki. Hal ini juga berlaku untuk printer anda yang butuh perawatan yang rutin sehingga bisa awet dan tahan lama.
Dan merawat printer tidak akan menyita waktu anda, karena hanya butuh beberapa menit saja. Berikut ini artikel tentang cara mudah merawat printer agar awet dan tahan lama. Mari kita simak bersama!
Cara Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama: Continue reading »
Apr 21, 2011 by Adelphia Under Tech News, Tips & Trik - 17 Comments  
Apakah melarang situs jejaring sosial di tempat kerja merupakan ide yang baik? Atau apakah seharusnya perusahaan mengubah sudut pandang mereka?”
Description: stop facebook
Jaringan sosial? Bukankah itu perlu kita cegah? Mengapa kita harus menghadapi resiko dengan sesuatu yang memberikan nilai tambah sangat sedikit, bahkan mungkin menjadi ancaman bagi perusahaan? Apakah argument tersebut terdengar tidak asing lagi?
Jaringan sosial berkembang pesat sebagai salah satu cara utama berkomunikasi. Seiring dengan masuknya generasi baru ke dunia kerja, perusahaan-perusahaan mengalami dilema” mengunci situs jaringan sosial dan berurusan dengan pegawai yang tidak puas, atau memberikan akses yang tidak terbatas dan mengalami kekurangan produktivitas“. Continue reading »
Feb 22, 2011 by Eko Supriyanto Under Tips & Trik - 60 Comments  
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/02/ASF-300x225.jpgPrinter Epson T11 dan T20 adalah varian Epson yang ekonomis dan laris di pasaran. Salah satu kerusakan yang sering dialami oleh printer epson T11 dan T20 ini adalah bunyi keras waktu proses print. Dan kalau sudah seperti ini maka printer akan tidak bisa digunakan dengan baik alias ngadat. Tidak perlu khawatir, karena dengan sedikit usaha dan kesabaran serta ketekunan, anda pun bisa mengatasi masalah epson T11 dan T20 yang bunyi keras saat di perintah print dari komputer. Continue reading »
Sep 19, 2012 by Radit Agung Under Computer Stuff - 3 Comments  
Saat ini sudah jamannya teknologi wireless, dimana kita tidak lagi membutuhkan sambungan kabel tertentu untuk terhubung dengan internet atau device tertentu. Cukup dengan mengaktifkan wireless atau wi-fi pada PC, Laptop ataupun gadget yang mempunyai teknologi wi-fi, maka kita bisa melakukan apapun yang sebelumnya membutuhkan sambungan kabel.
Description: Cara mudah membuat jaringan Wireles menggunakan Fonera
Dengan menggunakan hardware pendukung sejenis ADSL, Router dan AccessPoint memungkinkan jaringan wireless ( biasa disebut dengan Hotspot) dibuat dirumah anda. Tapi seringkali kita kesulitan dengan pengaturan pada hardware pendukung tersebut, hingga mempertimbangkan untuk membuat Hotspot pribadi. Continue reading »
Feb 27, 2011 by Eko Supriyanto Under Tips & Trik - 17 Comments  
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/03/Picture-2-300x198.jpgJika anda seorang tehnisi komputer ataupun anda yang sedang berusaha memperbaiki printer anda sendiri, mungkin trik ini akan sangat berguna bagi anda untuk mempercepat pekerjaan servis anda. Trik kali ini adalah tentang Cara Self Test Printer HP dan Canon. Dengan menggunakan trik  self test printer ini, anda tidak perlu menggunakan komputer ataupun laptop untuk melakukan test print printer HP dan Canon anda. Anda hanya cukup menggunakan konfigurasi tombol yang ada di printer anda. Continue reading »
Jan 25, 2012 by thePinkFighter Under Computer Stuff - 7 Comments  
Rutinitas pengoperasian tanpa adanya perawatan rasanya justru akan dapat merugikan Anda sendiri sebagai pengguna komputer. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk menyadari betapa pentingnya perawatan dan pemeliharaan yang tidak hanya berkaitan dengan keberadaan hardwarenya tapi juga keberadaan software itu sendiri.
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2012/01/Acronis-True-Image-001.jpg
Menyinggung tentang perawatan dan pemeliharaan sistem komputer, setiap sistem operasi yang ada biasanya masing-masing telah menyediakan perangkat (tools) utilitas internal bawaannya sendiri yang notabene memiliki kemampuan untuk membantu para penggunanya dalam melakukan proses perawatan dan pemeliharaan sistem komputer yang ada. Kemampuan tool utilitas bawaan sistem operasi tersebut pun boleh dibilang tak kalah bagusnya dengan tool utilitas eksternal lain yang beredar di pasaran saat ini. Dan semuanya rasanya tinggal tergantung para penggunanya saja dalam mengoptimalkan penggunaannya. Continue reading »
Feb 17, 2011 by Eko Supriyanto Under Tips & Trik - 72 Comments  
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/02/HP-Deskjet-2566.jpgPrinter HP Deskjet 2566 adalah printer keluaran vendor HP yang harganya cukup murah dan lumayan bisa diandalkan. Sayangnya kapasitas penyimpanan tintanya di dalam catridge lebih sedikit dibanding catridge versi sebelumnya yaitu D2466 dan versi pendahulu lainnya.
Sama dengan printer lainnya, printer HP Deskjet D2566 ini pun tidak luput dari kejadian blink atau lampu indikator led berkedip terus dan printer tidak bisa digunakan. Apakah printer HP juga butuh direset dan bagaimana cara mengatasi blink pada HP D2566?
Cara Reset Printer Canon IP1980 Secara Total
Aug 28, 2011 by Ao Rohiman Under Tips & Trik - 114 Comments  
Bagi Anda yang mempunyai Printer Canon IP 1980, mungkin suatu saat akan mengalami pinter yang Anda pakai tidak bisa langsung mencetak dokumen, lampu indikator berkelap-kelip dan muncul pesan “The ink absorber is almost full”.
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/08/error-blink-canon-ip1980.png
Solusi sementara yang mungkin Anda lakukan adalah menekan tombol RESUME seperti yang diperintahkan dalam pesan tersebut. Untuk sementara Anda bisa mencetak dokumen, tetapi kejadian ini terus berulang dan bahkan mungkin sampai printer tersebut hanya menampilkan lampu indikator yang nge-blink saja, tidak bisa ngeprint sama sekali.
Kondisi tersebut sebenarnya umum terjadi pada printer inkjet. Pada printer tersebut terdapat tempat pembuangan tinta atau biasa disebut waste ink tank, didalam tempat pembuangan ini terdapat bahan semacam busa (ink absorber) untuk menyerap tinta buangan dari Catridge, misalnya ketika printer melakukan proses cleaning head.
Untuk mencegah melubernya tinta buangan tersebut, maka pihak pabrikan membuat semacam counter yang akan menghitung jumlah print out dari printer, ketika telah mencapai batas tertentu itulah kondisi “waste ink tank full” atau “ink absorber is full” terjadi dan biasa ditandai dengan indikator LED yang kelap-kelip.
Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melakukan dengan cara mereset printer secara manual atau dengan menggunakan tool resetter printer. Kekurangan dari mereset printer secara manual yaitu ketika listrik mati akan terjadi lagi kondisi “ ink absorber full” atau semacamnya dan printer harus di-reset kembali.
Dalam artikel ini saya akan coba berbagi pengalaman tentang cara mereset Canon IP1980 secara total dengan cara manual dan dilanjutkan dengan menggunakan tool resetter sehingga printer bisa normal kembali.
Cara Reset Canon IP1980 Secara Total
  1. Download terlebih dahulu General Tool Canon IP1900 series, Anda bisa mendownloadnya disini
  2. Matikan Printer, lalu lepaskan kabel power
  3. Sambil menekan tombol ON pasang kembali kabel power
  4. Masih tetap menekan tombol ON, tekan 2x tombol RESUME
  5. Lepaskan kedua tombol.
  6. Dalam tahap ini printer dalam kondisi temporary reset dan untuk meresetnya secara total, jalankan aplikasi General Tool Canon IP1900 yang telah Anda download.
  7. Tunggu sejenak sampai program mendeteksi adanya printer seperti terlihat pada gambar dibawah.Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/08/software-reseter-printer-canon-ip1980.jpg
  8. Setelah printer terdeteksi, centang pilihan EEPROM Clear dan klik tombol Test Pattern 1
  9. Masukan kertas kosong karena printer akan segera melakukan print test.
  10. Setelah printer selesai ngeprint, klik tombol Main dan Platen kemudian klik tombol Quit untuk keluar.
Sekarang Anda telah melakukan reset  Canon IP1980 secara total. Untuk mencobanya silahkan matikan printer kemudian nyalakan lagi, klo Anda berhasil maka printer akan kembali normal dan bisa dipake untuk ngeprint kembali tanpa terganggu pesan error seperti diatas.
Cara Self Test Printer HP dan Canon
Feb 27, 2011 by Eko Supriyanto Under Tips & Trik - 17 Comments  
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/03/Picture-2-300x198.jpgJika anda seorang tehnisi komputer ataupun anda yang sedang berusaha memperbaiki printer anda sendiri, mungkin trik ini akan sangat berguna bagi anda untuk mempercepat pekerjaan servis anda. Trik kali ini adalah tentang Cara Self Test Printer HP dan Canon. Dengan menggunakan trik  self test printer ini, anda tidak perlu menggunakan komputer ataupun laptop untuk melakukan test print printer HP dan Canon anda. Anda hanya cukup menggunakan konfigurasi tombol yang ada di printer anda.
Cara Self Test Printer HP D2566 :
  • Siapkan kertas 1-2 lembar di paper tray HP D2566
  • Hidupkan Printer HP D2566 anda.
  • Tekan tombol power dan tahan jangan di lepaskan. ( karena kalau dilepaskan printer akan mati )
  • Kemudian tekan tombol panah (resume) 4x (empat kali)
  • Kemudian lepas tombol power HP D2566 tersebut, dan HP D2566 akan melakukan self test print.
Cara Self  Test Printer HP 3325, 3535, 3744, 3920, 3940, 2466 :
  • Siapkan kertas 1-2 lembar di paper tray printer HP anda
  • Hidupkan Printer HP anda.
  • Tekan tombol power dan tahan jangan di lepaskan. ( karena kalau dilepaskan printer akan mati )
  • Kemudian lakukan “buka-tutup” cover printer atau tutupnya printer 4x (empat kali “buka-tutup”), jangan sampai kurang dengan kondisi terakhir printer menutup,
  • Kemudian lepas tombol power printer HP anda, dan printer HP anda akan melakukan self test print.
Cara Self  Test Printer Canon IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980, dll :
  • Siapkan kertas 1-2 lembar di paper tray printer Canon anda
  • Hidupkan Printer Canon anda.
  • Tekan-tekan tombol resume 4x (empat kali)  secara cepat,  jangan sampai kurang.
  • Dan printer Canon anda akan mulai melakukan self test print.
Selamat mencoba!
Cara Mengatasi Canon MP258 Error 5B00 atau P07
Jan 29, 2011 by Eko Supriyanto Under Tips & Trik - 184 Comments  
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/01/mp258_above-view-300x225.jpg
Printer Canon MP258 merupakan printer Multifunsi dari vendor Canon. Printer ini tergolong laris dipasaran, karena harga yang murah dan bisa digunakan untuk fasilitas scan dan copy.
Sebagaimana generasi sebelumnya, Canon MP258 ini juga diproteksi oleh Canon. Ketika jumlah maksimal print di memory MP258 ini  sudah terpenuhi atau full, maka printer MP258 akan berhenti beroperasi dengan memunculkan pesan di layar monitor Error 5B00 dan di panel LCDnya menunjukkan kode P07.
Berikut ini cara mengatasi MP258 yang error 5B00 atau P07 :
  1. Jika printer MP258 yang error 5B00 atau P07 dalam keadaan hidup, matikan printer MP258 tersebut dengan menekan tombol powernya. Tunggu sampai printer MP258 mati.
  2. Tekan dan tahan tombol Stop / Reset,  kemudian tekan dan tahan tombol Power. Jadi kedua tombol masih dalam keadaan tertekan.
  3. Lepas tombol Stop / Reset, kemudian tekan tombol Stop / Reset 2 x (jangan lepas tombol powernya).
  4. Kemudian lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
    Printer MP258 yang error 5B00 atau P07 akan melakukan inisialisasi beberapa saat seperti ketika printer dicoba pertama pada saat beli. Tunggu sampai lcd panel pada printer MP258 yang error 5B00 atau P07 tadi menunjukkan angka 0 (nol).
  5. Printer MP258 akan terdeteksi sebagai device baru di komputer anda, walaupun tadinya sudah terpasang driver printer tersebut. Abaikan saja kondisi ini.
  6. Kondisi MP258 menampilkan angka 0 (nol) pada lcd panelnya menunjukkan bahwa MP258 dalam keadaan Service Mode dan siap untuk direset menggunakan software.
  7. Download program resetter MP258 untuk error 5B00 atau P07 di link ini : http://www.ziddu.com/download/12361840/ServiceTool_V1074MP258.zip.html
  8. Siapkan 2 kertas di MP258, karena nanti akan digunakan untuk proses reset.
  9. Buka program resetter MP258 untuk error 5B00 atau P07Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/01/reset-MP258.jpg
  10. Klik “MAIN”, tunggu beberapa saat maka MP258 akan print dengan tulisan ” D=000.0 “
  11. Klik ” EEPROM Clear “, kemudian klik ” EEPROM “, MP258 akan print 1 lembar lagi. Salah satu barisnya tulisannya  : TPAGE(TTL=00000 COPY=00000)
  12. Kemudian matikan MP258  dengan menekan tombol Power.
  13. Selesai.
Printer MP258 yang error 5B00 atau P07 sudah siap anda gunakan lagi.
Selamat mencoba!
Cara Mengatasi Error E13 MP258 atau Blink 13x Orange 1x Hijau iP2770
Feb 1, 2011 by Eko Supriyanto Under Tips & Trik - 69 Comments  
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/02/canon-mp-258.jpgMungkin anda pernah mengalami kejadian berikut ini? Ketika sedang mencetak beberapa lembar halaman, kemudian tak taunya pada lembar terakhir hasil cetakan terlihat tulisan yang putus-putus. Ternyata tinta di dalam catridge sudah habis. Kemudian anda mengisi ulangnya atau merefillnya, kemudian memasang kembali catridge Canon MP258 atau iP2770 anda. Ketika anda menghidupkan printer, apa yang terjadi ? Ternyata printernya malah error dan muncul keterangan kode error E13 pada MP258 atau blink 13x orange 1x hijau pada iP2770. Dan printer tidak bisa digunakan untuk mencetak. Bagaimana cara mengatasinya?
Berikut ini akan kami jelaskan cara mengatasi error E13 canon MP258 dan blink 13x orange 1x hijau pada canon iP2770. Tapi sebelumnya anda mungkin perlu tahu dulu, mengapa kejadian error E13 MP258 atau blink 13x orange 1x hijau pada iP2770 ini bisa terjadi?
Error E13 MP258 atau blink 13x orange 1x hijau pada iP2770 terjadi karena anda melakukan isi ulang terhadap catridge anda. Sebenarnya dari pihak canon memang sudah memberikan proteksi terhadap catridgenya agar tidak bisa diisi ulang. Karena sebenarnya rekomendasi dari semua vendor printer, kalau tinta catridge anda habis, maka anda akan disusruh membeli catridge yang baru, termasuk Canon. Ini memang akan membuat mesin printer menjadi lebih awet tapi boros . Dan jika catridge canon MP258 atau iP2770 anda isi ulang, maka secara otomatis printer akan memproteksi dirinya dengan memunculkan pesan error E13 pada MP258 atau blink 13x orange 1x hijau pada iP2770 atau dalam bahasa inggrisnya ink has run out.
Cara mengatsi error E13 MP258 atau blink 13x orange 1x hijau pada iP2770 :
Hidupkan printer anda, maka akan muncul E13 pada MP258 atau blink 13x orange 1x hijau pada iP2770.
Untuk MP258 :
Tekan dan tahan tombol STOP/RESET sekitar 10-20 detik, maka printer akan normal kembali. Jika error E13 masih muncul, berarti kedua catridge anda perlu direset. Ulangi lagi dengan menekan dan tahan tombol STOP/RESET sekitar 10-20 detik. Dan printer siap digunakan.
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/02/E-13-runout-hitam.jpgDescription: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/02/E-13-runout-warna.jpg
Untuk iP2770 :
Tekan dan tahan tombol RESUME  sekitar 10-20 detik, maka printer akan normal kembali. Jika blink 13x orange 1x hijau masih muncul, berarti kedua catridge anda perlu direset. Ulangi lagi dengan menekan dan tahan tombol RESUME sekitar 10-20 detik. Dan printer siap digunakan.
Selamat mencoba!
Cara Mengatasi Blink Pada Printer HP Deskjet D2566
Feb 17, 2011 by Eko Supriyanto Under Tips & Trik - 72 Comments  
Description: http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/02/HP-Deskjet-2566.jpgPrinter HP Deskjet 2566 adalah printer keluaran vendor HP yang harganya cukup murah dan lumayan bisa diandalkan. Sayangnya kapasitas penyimpanan tintanya di dalam catridge lebih sedikit dibanding catridge versi sebelumnya yaitu D2466 dan versi pendahulu lainnya.
Sama dengan printer lainnya, printer HP Deskjet D2566 ini pun tidak luput dari kejadian blink atau lampu indikator led berkedip terus dan printer tidak bisa digunakan. Apakah printer HP juga butuh direset dan bagaimana cara mengatasi blink pada HP D2566?
Sebenarnya printer yang membutuhkan reset baik secara manual maupun software eepromnya hanya ada 2, yaitu canon dan epson. Sedangkan untuk printer HP Deskjet termasuk D2566 maupun jenis Printer HP lainnya itu tidak membutuhkan reset, karena tidak ada proteksi terhadap board ataupun catridge printer HP ini.
Judul di atas hanya kami tulis HP D2566 saja, tapi sebenarnya berlaku juga untuk  printer HP deskjet 3535, 3420, 3920, 2466 yang mengalami blink dengan lampu power atau tinta berkedip terus. Dan bukan berarti kita harus mereset printer HP deskjet tersebut.
Blink pada HP D2566, 3535, 3420, 3920, 2466 ini merupakan tanda bahwa salah satu dari cartridge printer HP deskjet tersebut mengalami kerusakan chip dan harus diganti dengan catridge yang baru.

Cara mengatasi blink HP Deskjet D2566, 2466, 3535, 3420, 3920 :
  • Misalkan yang anda curigai rusak catridge warnanya. Ambil catridge hitamnya dan biarkan hanya catridge warna yang terpasang.
  • Kemudian hidupkan printer HP Deskjet anda.
  • Kemudian amati lampu indikator power atau tintanya, kalau Printer HP Deskjet D2566, 3535, 3420, 3920, 2466  anda masih blink berarti cartridge warnanya rusak.
  • Akan tetapi kalau lampu indikator power atau tinta nyala penuh, berarti catridge warna printer HP Deskjet anda masih bagus.
  • Kemudian ambil catridge warna dan pasang kembali catridge hitam. Berarti hanya catridge hitam yang terpasang di printer HP deskjet.
  • Kemudian hidupkan printer HP Deskjet anda.
  • Kemudian amati lampu indikator power atau tintanya,  kalau printer HP Deskjet D2566, 3535, 3420, 3920, 2466 anda masih blink lagi berarti catridge hitam anda rusak.
  • Akan tetapi jika lampu indikator power atau tinta nyala penuh, berarti catridge hitam printer HP Deskjet anda masih bagus.
  • Jadi kesimpulannya, printer HP Deskjet blink itu disebabkan oleh catridge yang rusak bukan karena minta direset.
Kalau catridge printer HP deskjet anda rusak, anda dapat mencoba membersihkan dulu pin di catridge dengan penghapus pensil. Kalau masih saja rusak atau blink, berarti anda sudah perlu untuk menggantinya.
Oya, HP deskjet bisa berfungsi hanya dengan 1 catridge, baik hitam saja ataupun yang warna saja, terserah anda.
Demikian cara mengatasi blink printer HP deskjet D2566, 2466, 3920, 3420, 3535. Semoga bermanfaat !
MAINTENANCE PLOTTER | DESIGNJET | LARGE FORMAT PRINTER
Description: service plotterJasa service plotter, perawatan dan perbaikan plotter merupakan salah satu  segmen layanan jasa yang Kami tekuni . Disamping itu Kami melayani pengadaan spare parts/suku cadang plotter dan consumable material seperti tinta, kertas dan ink cartrigde plotter, serta modifikasi system  infus plotter.
Layanan ini diperuntukan bagi semua merk dan jenis printer plotter, baik yang diproduksi oleh Hp, Epson, Xerox, Canon dan lain-lain, mencakup jenis technical, multifunction, graphic, indoor maupun outdoor plotter.
Tips Maintenance, Perawatan dan Pemeliharaan  Plotter
Pada umumnya seorang pengguna printer plotter  jarang sekali mengenali terlebih dahulu bagaimana cara perawatanya. Bagi pembeli mesin  plotterbaru pasti petunjuk berupa buku manual cara pemakaian disertakan didalamnya, sehingga memudahkan pengguna untuk mengenali dengan baik printer jenis designjet ini. Sangat disayangkan apabila kita terlalu menganggap mudah pengoperasian dan perawatan mesin ini sehingga banyak pengguna  yang langsung melakukan aktifitas perawatan atau pengoperasian bahkan perbaikan tanpa memperhatikan petunjuk yang benar. Tidak jarang hal ini akan menimbulkan trouble / gejala kerusakan baru terhadap mesin ini, tentu saja biaya yang dikeluarkanpun  menjadi lebih mahal. Demikian juga bagi para pengguna yang membeli mesin ini dari orang kedua atau lebih dalam artian beli second hand, ini lebih beresiko mengingat lamanya  jam terbang mesin tersebut (usia pemakaian).
Maintenance Spare Parts Plotter  Secara Berkala
Perawatan rutin lebih mudah dilakukan kalau pada printer designjet / plotter yang tergolong masih baru. Prinsip kerja mekanik yang utama mesin ini bergerak ke kiri dan kek kanan dan maju mundur, atau bergerak berdasarkan motor x dan motor y. standar pergerakan ini akan berubah seiring dengan jam pemakaian dan material yang dipakai, untuk itu harus tetap dijaga pergerakan ini tetap stabil.
Beberapa penyebab terganggunya pergerakan ini akan menimbulkan error , bagi pengguna non teknis / tidak dibekali pengetahuan teknis ada beberapa yang perlu diperhatikan :
  1. Kondisi Timing Belt ( apabila sudah mulai rapuh sebaiknya cepat untuk penggantian dengan yang baru supaya tidak menimbulkan kerusakan yang lain ). Penggantian ini sesuai kebutuhan melihat kondisi part itu sendiri.
  2. Rel pergerakan Carriage ( tempat terpasangnya print head plotter ) Semakin lama pemakaian pelumas / pelicin pada rel sudah mulai kering atau tercampur dengan debu sehingga membebani pergerakan  ke kiri kanan carriage. Cara paling mudah bersihkan dan kita ganti lagi dengan pelumas yang baru.  Perawatan rutin ini minimal 1 bulan sekal, juga  sangat tergantung kondisi tempat ( bebas debu, cuaca, letak geografis )
  3. Motor x ( Motor Carriage ) dengan beban tarikan belt ke arah samping dan seiring lamanya pemakaian menyebabkan motor ini aus. Cek dengan cara goyang kearah berlawanan dengan tarikan belt. Bila ada goyangan berarti motor ini sudah saatnya untuk diganti. Biasanya cukup lama usia motor untuk kelas mesin designjet / plotter. Penggantian disesuaikan kebutuhan.
  4. Pergerakan tempat pembersih tinta / SSServis Statations atau Cleaning print head ). Bak ini akan timbul masalah bila motor pengerak itu sendiri terjadi gangguan, celah rel bak, penumpukan tinta yang mengental, benda asing yang menghalang, langkah mudah bersihkan dari semua gangguan di atas. Perawatan ini bisa dilakukan rutin dalam 1 bulan sekali.
  5. Sensor Rel yang berbentuk bergaris seperti sisir dan terbuat dari bahan plastic memanjang ( Encoder Streep ). Biasanya karena uap semburan tinta pada saat pencetakan akan membuat buram sensor ini, masalah yang akan timbul hasil cetak tidak focus ( Missalignment ), huruf jadi tebal, pergerakan carriage jadi liar. Langkah mudah bersihkan dengan hati-hati karena bahan ini mudah terkelupas. Perawatan ini bisa dilakukan rutin dalam 1 bulan sekali
  6. Faktor lain bahan media yang dipakai sesuai standar untuk mesin, kondisinya juga harus layak pakai. Apabila menggunakan bahan yang kwalitasnya dibawah standar atau bahan bekas sebaiknya perlu berhati-hati karena bisa menimbulkan paper jam atau kertas tersangkut.
Sekilas bagaimana merawat mesin ini mungkin bisa membantu para pengguna designjet / plotter. Perawatan yang rutin ini apabila dijalankan secara disiplin akan menjadikan lebih awet pada mesin ini dan tentu saja menghemat pengeluaran dalam perbaikan. Melakukan semua perbaikan sebaiknya serahkan pada ahlinya,untuk informasi lebih lanjut bisa ditanyakan pada teknisi sesuai bidangnya dan tempat layanan perbaikan dan perawatan yang bisa dipercaya

Description: Cara Service Printer Hp Deskjet Mati TotalCara Service Printer Hp Deskjet Mati Total Document Transcript

  • 1. Cara Service Printer HP Deskjet Mati Total / Matot Printer HP 3325, 3535, 3744, 3920, 3940, 2466, 2566, dll sering juga rusak mati total / matot. Jika anda mengalami hal ini, anda mungkin dapat mencoba rahasia trik service berikut ini. Trik rahasia service printer HP Deskjet yang mati total / matot ini mungkin belum pernah di tulis oleh blog ataupun web yang lain. Di blog ini saya akan memberikan trik rahasia service printer HP Deskjet yang mati total / matot ini secara gratis untuk anda semua pengikut setia blog ini. Printer HP 3325, 3535, 3744, 3920, 3940, 2466, 2566, dll yang sering rusak mati total / matot ini kemungkinannya ada 2 : 1. Rusak adaptornya. Anda harus cek dulu output adaptornya dengan multitester, ada tegangan output kisaran 32v dan 15v atau tidak. Kalau rusak maka adaptor harus diganti. Tapi ini jarang sekali terjadi. 2. Rusak Boardnya. Kalo ini, indikasinya lampu power tidak nyala sama sekali. Cara servis printernya akan saya jelaskan di bawah ini. Cara servis printer HP 3325, 3535, 3744, 3920, 3940, 2466, 2566, dll adalah sebagai berikut : 1. Bongkar printer HP anda dan ambil board printernya. Kira-kira bagannya seperti gambar di bawah ini. (maaf belum punya gambarnya)
  • 2. 2. Kemudian cari diodanya seperti yang saya tunjukkan pada gambar di atas. Bentuk fisik dari diodanya seperti gambar di bawah ini: Kemudian cek diodanya dengan multitester. Cara ceknya arahkan penunjuk multitester ke Ohmmeter x10. Colokkan ujungnya ke masing-masing kaki dioda, kemudian balik ujungnya. Dioda yang short / rusak, jarum akan bergerak semua ketika ditest bolak balik ujungnya. Tapi Dioda yang baik, jarum akan bergerak cuma sekali di salah satu test. 3. Jika diodanya rusak, carilah Dioda biasa yang ukurannya 2 ampere. Kemudian gantilah dioda yang rusak dengan dioda 2 ampere ini. Dioda 2 ampere seperti gambar di bawah ini :
  • 3. 4. Setelah diganti, sebelum board dipasang kembali, coba cek dulu dengan mencolokkan adaptornya ke board ini. Nyalakan, dan lampu power jika menyala kedip-kedip berarti servisnya berhasil. Tapi jika masih mati, dan dioda anda masih dalam kondisi bagus, berarti kerusakan sudah merembet ke IC chipset utama board printer HP ini. Kalo sudah kena IC utama, berarti anda harus ganti board printer HP rusak ini dengan board yang baru, mungkin kisaran harganya sekitar 175rb-an. Semoga berhasil .....

Memperpanjang Usia Printer

Memperpanjang Usia Printer
Keberadaan printer sebagai mesin pencetak dokumen saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi perusahaan skala kecil ataupun besar. Kondisi printer yang kurang perhatian seringkali mengakibatkan umur printer menjadi pendek. Sebenarnya ada cara mudah untuk memperpanjang usia printer, berikut beberapa tips pemeliharaan printer agar tetap awet meskipun usianya sudah tua.
Kasus Paper Jam
Ketika proses cetak sedang berlangsung terjadi paper jam (kertas macet), tidak dianjurkan untuk menarik paksa kertas yang terdapat di dalam printer. Karena bisa meninggalkan potongan-potongan kertas di bagian dalam yang akan mengakibatkan kerusakan pada printer. Jika ini terjadi, yang bisa dilakukan adalan dengan melepas cover printer kemudian memutar pelan-pelan roda kertas (paper wheel) sampai kondisi kertas keluar semua.
Mematikan Printer
Selalu mematikan printer saat tidak digunakan. Hal ini bisa mencegah tertutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam printer head. Keuntungan lainnya adalah dapat mencegah tinta cepat kering dan bisa mengoptimalkan kinerja serta fungsi printer. Gunakan selalu tombol power saat mematikan printer, dan bila perlu melepaskan kabel power dari listrik agar lebih aman.
Hindari toner/ink cartridge murahan
Saat ini banyak dijual toner/tinta refiil murah yang bisa digunakan dengan memodifikasi printer. Toner/Tinta seperti ini memang sangat mengirit pengeluaran bila sering menggunakan printer untuk mencetak. Namun, pengaruh penggunaan toner/tinta modifikasi sangat buruk terhadap daya tahan printer. Karena itu, jika ingin printer tetap awet meskipun usianya sudah senja, disarankan menggunakan toner/tinta yang mempunyai kualitas optimal seperti Eikona® atau Qualiva®. Selain kualitasnya tak kalah dengan orisinal juga bergaransi.
Cartridge
Cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus. Benda ini sangat rentan kerusakan jika diperlakukan sembarangan. Bisa jadi data dari komputer tidak masuk maksimal dan mengakibatkan hasil cetakannya tidak maksimal. Karena itu, memperlakukan cartridge harus hati-hati. Daya tahan cartridge juga bervariasi, tergantung seberapa sering proses mencetak. Sebagian user hanya mengganti dua atau tiga kali dalam setahun, sementara tidak sedikit yang mengganti cartridge beberapa bulan sekali. Cartridge yang dibiarkan terpasang di printer dan tak pernah digunakan terlalu lama bisa mengering. Untuk mencegah menurunya kualitas cetakan, gunakan printer secara periodik.
Bersihkan Kotoran
Bersihkan bagian dalam printer setiap satu atau dua minggu, tergantung seberapa sering menggunakan printer. Hal ini akan menjaga kemampuan printer dalam mencetak. Jangan lupa mengamati apakah ada benda yang tertinggal di dalam printer. Jangan simpan printer ditempat berdebu dan penuh serangga. Jika memang tempatnya berdebu, ada baiknya bungkus printer dengan plastik untuk melindunginya dari kotoran.
Diagnostic Tools
Setiap printer mempunyai software diagnostic tool untuk merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer tsb. Sediakan waktu mempelajarinya. Mungkin saja informasi yang disediakan bisa membantu mengatasi permasalahan dalam printer.
Gagal Mencetak
Kegagalan mencetak atau error message yang kadang muncul, terkadang bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya sedikitnya selama sepuluh menit. Setelah itu, masukkan lagi kabel daya tersebut ke terminal, kemudian nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali. Cara seperti ini bisa mengatasi kegagalan mencetak dengan baik.

Membersihkan Printer Laser

Membersihkan Printer Laser
Membersihkan printer laser dapat  menyelesaikan masalah-masalah ringan yang sering muncul saat pencetakan dokumen, dapat menjaga kualitas cetakan, dan memperpanjang usia printer.  Jadi bersihkan printer Anda secara  teratur setiap kali anda menganti toner atau pada saat kualitas cetakan sudah mulai menurun. Berikut langkah-langkah membersihakan printer laser yang benar.
Peralatan dan bahan  yang di butuhkan:
1.      Cairan pembersih khusus buat produk plastik.
2.      Air bersih.
3.      Kain pembersih.
4.      Kertas.
5.      Sikat gigi halus.
Proses Pembersihan
Pembersihan  Bagian Luar Printer
1.      Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan pembersihan. (Sedikit air juga dapat membantu dalam beberapa kasus).
2.      Lihat instruksi (printer manual). Jika perusahaan manufacture memberikan  instruksi pembersihan ikuti instruksi yang terdapat di dalamnya.
3.      Sebelum mulai melakukan pembersihan matikan Printer terlebih dahulu dan cabut sambungan listrik dari terminal.
4.      Basahi kain pembersih dengan cairan pembersih atau air secukupnya pastikan  tidak terlalu basah
5.      Lap bagian luar printer pastikan tidak ada air atau cairan pembersih yang masuk  ke bagian dalam printer.
Pembersihan  Bagian Dalam Printer
1.      Cabut sambungan listrik printer.
2.      Keluarkan kertas dari tray printer.
3.      Keluarkan Toner printer letakan diatas kertas.
4.      Bersihkan bagian dalam toner dengan kain kering dan sikat pelan-pelan dengan sikat gigi halus.
5.      Bersihkan bagian-bagian dalam printer dengan hati-hati. Jangan mengoyak bagian sensitif printer.
6.      Bersihkan sisa debu dibagian dalam printer.
7.      Bersihkan roller tetapi jangan sentuh sponge roller.
8.      Masukan kembali toner jika masih mau digunakan atau toner baru jika yang lama telah habis.
Pembersihan Dengan Perangkat Lunak (Software)
1.      Buka software printer dari shortcut utility program atau buka document pilih Print dari File Menu.
2.      Dari software printer cari tombol Options, Troubleshooting, Toolbox, Printer Utilities, atau yang sekiranya memiliki arti yang sama.
3.      Ikuti instruksi yang ada dilayar.

Merawat Printer Ink

Tips merawat printer ink
Membuat proposal, mencetak laporan atau proses pencetakan dokumen lainnya pasti membutuhkan jasa printer. Keberadaannya yang sangat penting tidak bisa dikesampingkan. Sayangnya, tidak semua tahu bahwa printer juga perlu dirawat layaknya alat elektronik lainnya.
Tips berikut mungkin bisa membantu Anda merawat printer dengan mudah dan murah:
1. Gunakan printer secara berkala.
Agar kualitas cetakan tetap optimal, selau gunakan printer secara periodik minimal 2-3 kali seminggu. Hal ini membuat aliran tinta dari lubang tetap lancar.
2. Mematikan printer saat tidak digunakan.
Hal ini mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer.
3. Bersihkan kotoran-kotoran yang ada dalam printer.
Bersihkanlah setiap 1 atau 2 minggu sekali untuk menjaga kemampuan printer dalam mencetak.
4. Gunakan diagnostic tools
Pada umumnya setiap printer memiliki perangkat lunak mengenai bagaimana merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer tersebut. Pelajari dengan seksama sofware tersebut karena mungkin saja informasi yang disediakan bisa membantumengatasi permasalahan dalam printer.
5. Jagalah kondisi cartridge
Karena cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus dan akan berpengaruh pada hasil cetakan, perlakukanlah selalu cartridge dengan hati-hati. Termasuk saat mengganti tinta.
6. Jika terjadi sesuatu misalnya gagal mencetak, matikan printer.
Terkadang, kegagalan dalam mencetak bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya. Tunggu beberapa menit kemudian masukkan lagi kabel daya tersebut pada terminal, nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali.

Memperpanjang Usia Printer

Memperpanjang Usia Printer
Keberadaan printer sebagai mesin pencetak dokumen saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi perusahaan skala kecil ataupun besar. Kondisi printer yang kurang perhatian seringkali mengakibatkan umur printer menjadi pendek. Sebenarnya ada cara mudah untuk memperpanjang usia printer, berikut beberapa tips pemeliharaan printer agar tetap awet meskipun usianya sudah tua.
Kasus Paper Jam
Ketika proses cetak sedang berlangsung terjadi paper jam (kertas macet), tidak dianjurkan untuk menarik paksa kertas yang terdapat di dalam printer. Karena bisa meninggalkan potongan-potongan kertas di bagian dalam yang akan mengakibatkan kerusakan pada printer. Jika ini terjadi, yang bisa dilakukan adalan dengan melepas cover printer kemudian memutar pelan-pelan roda kertas (paper wheel) sampai kondisi kertas keluar semua.
Mematikan Printer
Selalu mematikan printer saat tidak digunakan. Hal ini bisa mencegah tertutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam printer head. Keuntungan lainnya adalah dapat mencegah tinta cepat kering dan bisa mengoptimalkan kinerja serta fungsi printer. Gunakan selalu tombol power saat mematikan printer, dan bila perlu melepaskan kabel power dari listrik agar lebih aman.
Hindari toner/ink cartridge murahan
Saat ini banyak dijual toner/tinta refiil murah yang bisa digunakan dengan memodifikasi printer. Toner/Tinta seperti ini memang sangat mengirit pengeluaran bila sering menggunakan printer untuk mencetak. Namun, pengaruh penggunaan toner/tinta modifikasi sangat buruk terhadap daya tahan printer. Karena itu, jika ingin printer tetap awet meskipun usianya sudah senja, disarankan menggunakan toner/tinta yang mempunyai kualitas optimal seperti Eikona® atau Qualiva®. Selain kualitasnya tak kalah dengan orisinal juga bergaransi.
Cartridge
Cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus. Benda ini sangat rentan kerusakan jika diperlakukan sembarangan. Bisa jadi data dari komputer tidak masuk maksimal dan mengakibatkan hasil cetakannya tidak maksimal. Karena itu, memperlakukan cartridge harus hati-hati. Daya tahan cartridge juga bervariasi, tergantung seberapa sering proses mencetak. Sebagian user hanya mengganti dua atau tiga kali dalam setahun, sementara tidak sedikit yang mengganti cartridge beberapa bulan sekali. Cartridge yang dibiarkan terpasang di printer dan tak pernah digunakan terlalu lama bisa mengering. Untuk mencegah menurunya kualitas cetakan, gunakan printer secara periodik.
Bersihkan Kotoran
Bersihkan bagian dalam printer setiap satu atau dua minggu, tergantung seberapa sering menggunakan printer. Hal ini akan menjaga kemampuan printer dalam mencetak. Jangan lupa mengamati apakah ada benda yang tertinggal di dalam printer. Jangan simpan printer ditempat berdebu dan penuh serangga. Jika memang tempatnya berdebu, ada baiknya bungkus printer dengan plastik untuk melindunginya dari kotoran.
Diagnostic Tools
Setiap printer mempunyai software diagnostic tool untuk merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer tsb. Sediakan waktu mempelajarinya. Mungkin saja informasi yang disediakan bisa membantu mengatasi permasalahan dalam printer.
Gagal Mencetak
Kegagalan mencetak atau error message yang kadang muncul, terkadang bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya sedikitnya selama sepuluh menit. Setelah itu, masukkan lagi kabel daya tersebut ke terminal, kemudian nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali. Cara seperti ini bisa mengatasi kegagalan mencetak dengan baik.

Merawat Printer Dot Matrix

Perawatan printer jenis dot-matrix jika tahu caranya sebenarnya cukup mudah. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah lepaskan pita atau cartridge tinta, kemudian perhatikan cara pita bergerak melewati 'head' cetak. Hal lain yang perlu diperhatikan, bahwa Anda dapat membersihkan 'head'cetak dot-matrix memakai sarana khusus. Sarana tersebut terdiri dari selembar pembersih yang dimasukkan melalui printer yang seakan-akan berupa kertas dan larutan pembersih. Maka yang perlu Anda lakukan adalah basahi lembaran tersebut dengan larutan, kemudian jalankan printer untuk mencetak di atasnya (tanpa dengan pita) seraya untuk mengujinya. Dimana larutan tadi untuk melarutkan sisa-sisa tinta yang kering, kemudian diserap oleh lembaran tersebut.
Description: http://www.grafitama.com/assets/Product-Support/epson-lq-300.jpgAtau Anda bisa lakukan cara lain dengan memakai cartridge pembersih khusus yang disisipkan sebagai pengganti. Di samping itu Anda juga perlu membersihkan platen (silinder karet) untuk menghilangkan tinta yang tersisa saat kertas telah dicetak. Lakukanlah pengujian printer untuk mengecek, agar mutu cetaknya memuaskan.
Dari langkah-langkah umum di atas bisa dijelaskan proses secara rinci sebagai berikut:
1. Matikan printer, lepaskan tutup dan pita.
2. Bersihkan debu atau kotoran yang melekat pada printer.
3. Periksa dan bersihkan jalan keluar masuk kertas dan platen.
4. Bersihkan dan gantilah 'head' cetak.
5. Gantilah pita jika sudah habis.
6. Lakukan pengujian pencetakan untuk mendapatkan mutu cetakan yang memuaskan.
7. Bersihkan dan kembalikan penutup printer.
8. Lakukan pemeriksaan kertas dan yakinkan dipasang dengan tepat dan kondisi masukdengan lancar.

Merawat Ink tank Printer Canon

Merawat Ink tank Printer Canon

Anda pemakai printer canon BJC 2100 , S 200 sPx, canon i 320, pixma IP 1000 atau printer canon A3 i6100 dan yang sejenisnya? Dalam sejarah printer canon, printer seri ini menggunakan cartridge dengan model printhead dan inktank secara terpisah. Sebagian user lebih senang menggunakan model cartridge model seperti ini. Permasalahan yang sering terjadi adalah printhead-nya buntu total dan diharuskan untuk membeli cartidge baru lagi. Mengapa demikian?

Ada 3 alasan mengapa terjadi kasus seperti diatas.
1.      Busa di ink tank sudah jenuh sehingga tidak mau menyerap tinta refill. Artinya kalau dipaksakan direfill, tinta mengalir seperti mengalir air di benda padat. Tentu sedikit sekali yang dapat tersimpan ke busa di inktank. Akibatnya bisa ditebak, ink tank kekurangan tinta dan hasil cetak tidak maksimal, atau tidak mau cetak sama sekali.
2.      Permukaan Busa inktank sudah berkerak akibat lamanya atau seringnya penggunaan. Walaupun sudah direfill, transport tinta dari gabus inktank ke printhead terhalang oleh “kerak” ini.
3.      Posisi busa bergeser dari yang semestinya, sehingga transportasi tinta terputus / atau tidak lancar.
Solusinya jika hasil cetak kurang maksimal adalah dengan cara merendam beberapa menit printhead printer tersebut cairan cleaner dan ganti ink tank dengan yang baru. Dijamin hasil cetak kembali normal. Jika masalah belum selesai ada baiknya Anda menghubungi layanan service printer Grafitama-Imaging.

Solusi Masalah Printer

Grafitama-Imaging terus melakukan riset untuk memecahkan masalah pada printer dan berikut ini beberapa jenis masalah yang sering terjadi pada printer. Dan beberapa contoh solusi menyelesaikannya.
1.Hasil cetakan bergaris atau keluar namun warna pudar pada printer jenis ink (tinta).
Penyebab yang sering terjadi adalah:
•    Terdapat gelembung udara dalam cartridge, hal ini mungkin disebabkan karena proses refill ulang cartridge.
•    Print head tersumbat, disebabkan oleh tinta yang sudah kering. hal ini mungkin disebabkan oleh karena printer jarang digunakan untuk mencetak.
•    Print head rusak/tergores/berubah posisi akibat proses mekanik yang telah usang, sehingga mengakibatkan kerusakan fisik.
•    Kesalahan posisi dalam pemasangan cartridge.
•    Tinta warna tertentu atau semuanya telah habis.
•    Setting printer di menu print di komputer pada saat mencetak salah.
Solusi yang bisa dilakukan:
•    Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning 2-4 kali. Hal ini untuk mengeluarkan gelembung udara yang terdapat di dalam cartridge atau baca manual printer sesuai dengan jenis printer Anda.
•    Pasang kembali yakinkan secara benar catride Anda, kemudian matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah.
•    Ganti cartridge yang telah rusak.
•    Pastikan jangan sampai membuka seal film bagian bawah cartidge.
•    Periksa kembali dan pastikan pada saat Anda mencetak tidak dalam setting kualitas cetak draft atau super ekonomi.
•    Ganti print head jika ditemukan ada indikasi rusak.
2.Hasil cetakan tak keluar sama sekali
Penyebab yang sering terjadi adalah:
•    Terdapat gelembung udara di dalam cartridge.
•    Printer sudah terlalu tua atau sudah dalam kondisi rusak atau tertutup bagian print head-nya.
•    Label pelindung cartridge tidak dilepas.
Solusi yang bisa dilakukan adalah:
•    Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning 2-4 kali. Hal ini untuk mengeluarkan gelembung udara yang terdapat di dalam cartridge atau baca manual printer sesuai dengan jenis printer Anda.
•    Kocok cartridge printer Anda beberapa kali (3-4) sebelum memasang pada rumah cartridge.
•    Lepas label pelindung cartridge agar udara bisa mengalir untuk mencetak secara normal.
•    Pastikan jangan sampai membuka seal film bagian bawah cartridge.
3.Printer tidak mengenali cartridge yang baru dipasang.
Penyebab yang sering terjadi adalah:
•    Kondisi cartridge tidak terpasang dengan benar
•    Chip yang terdapat pada cartridge terkena keringat atau materi lain atau chip tersebut dalam kondisi kotor atau basah.
•    Jalur rangkaian penghubung yang terdapat pada cartridge sebagian atau keseluruhan rusak.
Solusi yang bisa dilakukan adalah:
•    Pastikan cartridge terpasang secara benar,  matikan printer dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah.
•    Gunakan bahan kain yang bersih dan kering untuk membersihkan chip bila ada indikasi chip pada cartridge kotor.
•    Periksa jalur rangkaian penghubung pada cartridge dan pastikan tidak ada yang rusak.
4. Muncul peringatan bahwa cartridge yang terpasang tidak asli setelah dipasang cartridge baru.
Penyebab yang sering terjadi adalah:
•    Pesan yang umum dari produsen OEM untuk pengguna.
Solusi yang bisa dilakukan adalah:
•    Abaikan pesan tersebut karena saat ini banyak beredar cartridge kompatibel dipasaran yang dapat digunakan untuk supplies alternatif. Kasus ini tak mempengaruhi kualitas hasil cetakan dengan printer tersebut.
5. Keluar peringantan “Tinta habis” setelah dilakukan penggantian cartridge baru.
Penyebab yang sering terjadi adalah:
•    Hal ini bisa disebabkan karena pada waktu mengganti cartridge posisi printer dalam keadaan mati, sehingga memory printer masih tetap dalam keadaan sebelumnya “tinta habis”
Solusi yang bisa dilakukan adalah:
•    Matikan printer dan hidupkan kembai printer Anda, proses mencetak akan dilanjutkan kembali

Atau jika solusi diatas tidak menyelesaikan masalah Anda, ada baiknya Anda menghubungi Grafitama-Imaging untuk mengkonsultasikan permasalahan printer Anda.
 









\
\
\
\\
\
\\
\
\
\

Tips Perawatan Printer

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam tips perawatan printer atau cara merawat printer. Namun kalau hal itu kita lakukan dengan benar akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan usia pakai printer kita. Berikut ini saya share tips perawatan printer atau cara merawat printer sesuai pengalaman pribadi saya, khususnya Inkjet printer yaitu yang menggunakan Tinta Cair :
  1. Gunakan printer secara berkala dan teratur. Jangan membiarkan printer “nganggur” dalam waktu yang cukup lama. Setiap hari atau dua hari sekali printer harus dipakai untuk mencetak paling tidak 2 – 3 lembar dan pastikan hasil cetakannya sempurna. Usahakan cetakan berimbang dalam hal warna… artinya jangan warna hitam saja tetapi  cetaklah tulisan/gambar yang mengandung unsur warna hitam, merah, kuning dan biru (warna-warni) sehingga diharapkan seluruh Head bekerja semua. Hal ini bertujuan menjaga agar tinta pada seluruh Print Head tidak mengering/menggumpal.
  2. Jangan biarkan Cartridge/Ink Tank kosong dalam waktu cukup lama. Segera isi Cartridge apabila tinta mulai kosong/habis.
  3. Dalam melakukan isi ulang/refile khususnya saat melepas cartridge, jangan sampai menyentuh pin CMOS (ditandai dengan gambar telapak tangan yang di silang). Pin tersebut sangat sensitif (bisa rusak) akibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita.
  4. Gunakan merk tinta yang sama saat isi ulang/refile. Kalaupun berbeda pastikan tinta pada cardtridge telah benar-benar kosong/habis. Hal ini untuk menghindari adanya reaksi penggumpalan tinta akibat merk  tinta berbeda yang dapat menyumbat lubang tinta pada Head. Ini yang biasanya sering dilupakan dalam tips perawatan printer.
  5. Saat mencetak  gunakan kertas yang bersih dan masih “layak” artinya tidak lusuh atau “lungset” karena kertas yang lusuh dapat menyebabkan macet/berhenti mencetak atau “mbulet” akibat kertas yang slip pada rol printer. Selain itu kertas yang berdebu dapat menyebabkan debu nempel ke  Head.
  6. Bersihkan printer yang kotor menggunakan kuas atau lap dengan kain. Khusus bagian dalam gunakan kuas kecil untuk dapat mencapai sela-sela yang sulit. Saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan OFF atau Mati total (kabel listrik tercabut).
  7. Gunakan penutup printer supaya terlindung dari debu. Anda dapat menutupnya rapat dengan kain sehingga masih ada pertukaran udara. Jangan menggunakan penutup (menutup rapat) dengan plastik karena udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer.
  8. Kalau printer Anda sering digunakan (biasanya untuk kantor) jangan sering-sering mematikan printer pada setiap habis ngeprint… biarkan printer tetap menyala. Hal ini untuk meminimalisir Over Hit Counter pada Limit Counter BIOS. Semua printer memiliki batasan jumlah mencetak (rata-rata 2000 kali). Setiap kita menyalakan printer maka Counter akan bertambah (dianggap 1 kali mencetak). Bayangkan kalau selama jam kerja (misal 8 jam) kita mematikan dan menyalakan printer sampai 10 kali atau 20 kali….?!! maka hal tersebut akan mempercepat kita melakukan RESET Counter pada BIOS printer kita.
  9. Jangan terlalu sering mencetak gambar / tulisan yang dipertebal atau Fill dengan kepadatan yang tinggi karena akan memperberat kerja Head yang otomatis akan memperpendek usia Head.
  10. Khusus printer yang pakai Infus,… Letakkan Tangki Tinta Infus sejajar (agak rendah sedikit) dengan Catridge. Hal ini untuk menjaga agar tinta tidak mengalir secara langsung ke Catridge pada saat printer tidak digunakan.
  11. Bersihkan/cuci Busa/Spon Penghisap tinta yang ada dibagian Dalam printer paling tidak 1 tahun sekali atau kalau dirasa daya hisapnya mulai melemah. Biasanya ditandai dengan tidak berjalannya Proses Cleaning Head atau ada luberan tinta dibagian dalam printer. Kalau hal tersebut dibiarkan bisa berbahaya bagi rangkaian elektronik/mekanik printer. Pada beberapa kasus dipakai trik yaitu dengan mengeluarkan slang yang masuk  penghisap dan ditampung pada wadah tersendiri. Khusus yang no.12 ini kalau Anda belum berpengalaman bisa minta bantuan Teknisi.
Tips Perawatan Printer atau Cara Merawat Printer diatas kalau kita laksanakan dengan benar dapat mengoptimalkan kinerja printer dan memperpanjang usia pakai printer kita. S

10 Cara Merawat Printer Infus Agar Lebih Awet Dan Berumur Panjang

Description: download gratis
Printer sudah menjadi pendamping komputer yang tidak dapat terlepaskan, printer dengan tinta model infus merupakan hasil kreasi para teknisi dan bukan keluaran produk dari pabrikan printer yang ada. Untuk menjaga keawetan, kelancaran dan umur printer infus, ada tips perawatan printer infus yang saya dapatkan dari seorang teknisi yang sudah berpengalaman. cara merawat printer dengan tinta infus berikut ini sangat penting bagi siapa saja pemilik printer infus.

Printer dengan tinta model infus dirasa banyak pemakai lebih praktis dan awet. namun demikian, penggunaan printer infus harus memperhatikan resiko modifikasi tinta inkjet menjadi tinta model infus. resiko utama penggunaan tinta model infus adalah hilangnya garansi resmi dari pabrikan printer tersebut dikarnakan bongkar pasang dan fisik printer yang berubah (berlubang). disamping resiko tersebut, keuntungan yang didapat memang cukup banyak diantaranya lebih praktis dalam mengisi ulang tinta printer, hemat biaya untuk membeli Catridge printer baru, meminimalisir kerusakan Catridge karena sering bongkar pasang dan suntik tinta serta kelebihan lainnya.

Description: tips perawatan printer infus
Kelebihan-kelebihan yang dimiliki printer dengan tinta model infus ini harus dibayar mahal dengan hilangnya garansi resmi dari pabrikan printer. saran kang topjer sebelum memodifikasi printer dari tinta inkjet menjadi tinta infusan adalah serahkan pada ahlinya yaitu teknisi profesional. bawalah printer inkjet anda ke tempat servis printer/komputer atau toko komputer yang menyediakan jasa pemasangan infus printer. disamping hasilnya terjamin, teknisi akan memberikan garansi apabila printer yang sudah diinfus mengalami gangguan dan kerusakan.

Cara merawat printer infus agar lebih awet dan tahan lama

  1. Letakan botol infus sejajar dengan printer dan gunakan double tape agar botol tidak mudah terlepas. resiko tinta tumpah dan mengotori meja maupun dokumen-dokumen dapat diminimalisir.
  2. Saat akan menggunakan printer, tutup botol kecil pada tabung infus sebaiknya dibuka dengan tujuan udara bisa masuk sehingga tinta bisa mengalir dengan lancar.
  3. Saat printer tidak digunakan, maka tutup botol kecil dan besar pada tabung infus harus tertutup rapat, hal ini untuk menghindari tinta banjir dan mengkibatkan catridge/head mengalami konslet(mati total)
  4. Lakukan isi ulang tinta saat tinta sudah mencapai 1/4 botol, dengan cara buka tutup botol besar dan kecil kemudian masukkan tinta melalui lubang botol besar. setelah selesai tutup kembali kedua lubang botol dengan rapat.
  5. Biasakan membeli tinta isi ulang dengan merk yang sama karena masing-masing merk tinta memiliki karakteristik yang berbeda serta komposisi bahan kimia yang berbeda pula. resiko yang didapat apabila sering gonta-ganti merk tinta adalah catridge mampet dan lama kelamaan rusak.
  6. Pada Printer merk Canon, apabila terjadi run out tinta yang biasanya ditandai dengan blink 4x, error E4, error E6, error E13, error E16 maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik.
  7. Pada printer merk Epson, apabila catridge warna (merah, kuing, biru) tidak terbaca maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik dalam keadaan USB terlepas.
  8. Biasakan menggunakan printer setiap hari, minimal 1 lembar untuk mencegah catridge/head printer mampet.
  9. Apabila selang infus masuk angin atau ingin mensetabilkan warna tinta setelah melakukan isi ulang maka gunakan perintah Deep Cleaning pada pengaturan printer dan jangan meninggikan botol infus karena akan menyebabkan tinta banjir dan konslet pada catridge/head.
  10. Apabila mencetak dalam jumlah yang banyak, sebaiknya jangan dilakukan secara terus menerus. dianjurkan printer istirahat setelah mencetak 30 lembar agar catridge tidak cepat panas. setelah selesai menggunakan printer, matikan dan cabut kabel printer dari stop kontak agar power suplay priter tidak cepat rusak.

10 Cara merawat dan menjaga keaweta printer infus diatas sebaiknya diperhatikan dengan benar-benar bagi anda yang menginginkan keawetan dan kelancaran kinerja printer infus yang dimiliki.
Inspiration from Someone Who Lives in a Small Town
·          
Top of Form
Bottom of Form
Description: http://id.effectivemeasure.net/emnb_18_26548.gif?1154058162
Tips Perawatan Printer atau Cara Merawat Printer
Posted by oprekzone
Sep 15
Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam tips perawatan printer atau cara merawat printer. Namun kalau hal itu kita lakukan dengan benar akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan usia pakai printer kita. Berikut ini saya share tips perawatan printer atau cara merawat printer sesuai pengalaman pribadi saya, khususnya Inkjet printer yaitu yang menggunakan Tinta Cair :
  1. Gunakan printer secara berkala dan teratur. Jangan membiarkan printer “nganggur” dalam waktu yang cukup lama. Setiap hari atau dua hari sekali printer harus dipakai untuk mencetak paling tidak 2 – 3 lembar dan pastikan hasil cetakannya sempurna. Usahakan cetakan berimbang dalam hal warna… artinya jangan warna hitam saja tetapi  cetaklah tulisan/gambar yang mengandung unsur warna hitam, merah, kuning dan biru (warna-warni) sehingga diharapkan seluruh Head bekerja semua. Hal ini bertujuan menjaga agar tinta pada seluruh Print Head tidak mengering/menggumpal.
  2. Jangan biarkan Cartridge/Ink Tank kosong dalam waktu cukup lama. Segera isi Cartridge apabila tinta mulai kosong/habis.
  3. Dalam melakukan isi ulang/refile khususnya saat melepas cartridge, jangan sampai menyentuh pin CMOS (ditandai dengan gambar telapak tangan yang di silang). Pin tersebut sangat sensitif (bisa rusak) akibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita.
  4. Gunakan merk tinta yang sama saat isi ulang/refile. Kalaupun berbeda pastikan tinta pada cardtridge telah benar-benar kosong/habis. Hal ini untuk menghindari adanya reaksi penggumpalan tinta akibat merk  tinta berbeda yang dapat menyumbat lubang tinta pada Head. Ini yang biasanya sering dilupakan dalam tips perawatan printer.
  5. Saat mencetak  gunakan kertas yang bersih dan masih “layak” artinya tidak lusuh atau “lungset” karena kertas yang lusuh dapat menyebabkan macet/berhenti mencetak atau “mbulet” akibat kertas yang slip pada rol printer. Selain itu kertas yang berdebu dapat menyebabkan debu nempel ke  Head.
  6. Bersihkan printer yang kotor menggunakan kuas atau lap dengan kain. Khusus bagian dalam gunakan kuas kecil untuk dapat mencapai sela-sela yang sulit. Saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan OFF atau Mati total (kabel listrik tercabut).
  7. Gunakan penutup printer supaya terlindung dari debu. Anda dapat menutupnya rapat dengan kain sehingga masih ada pertukaran udara. Jangan menggunakan penutup (menutup rapat) dengan plastik karena udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer.
  8. Kalau printer Anda sering digunakan (biasanya untuk kantor) jangan sering-sering mematikan printer pada setiap habis ngeprint… biarkan printer tetap menyala. Hal ini untuk meminimalisir Over Hit Counter pada Limit Counter BIOS. Semua printer memiliki batasan jumlah mencetak (rata-rata 2000 kali). Setiap kita menyalakan printer maka Counter akan bertambah (dianggap 1 kali mencetak). Bayangkan kalau selama jam kerja (misal 8 jam) kita mematikan dan menyalakan printer sampai 10 kali atau 20 kali….?!! maka hal tersebut akan mempercepat kita melakukan RESET Counter pada BIOS printer kita.
  9. Jangan terlalu sering mencetak gambar / tulisan yang dipertebal atau Fill dengan kepadatan yang tinggi karena akan memperberat kerja Head yang otomatis akan memperpendek usia Head.
  10. Khusus printer yang pakai Infus,… Letakkan Tangki Tinta Infus sejajar (agak rendah sedikit) dengan Catridge. Hal ini untuk menjaga agar tinta tidak mengalir secara langsung ke Catridge pada saat printer tidak digunakan.
  11. Bersihkan/cuci Busa/Spon Penghisap tinta yang ada dibagian Dalam printer paling tidak 1 tahun sekali atau kalau dirasa daya hisapnya mulai melemah. Biasanya ditandai dengan tidak berjalannya Proses Cleaning Head atau ada luberan tinta dibagian dalam printer. Kalau hal tersebut dibiarkan bisa berbahaya bagi rangkaian elektronik/mekanik printer. Pada beberapa kasus dipakai trik yaitu dengan mengeluarkan slang yang masuk  penghisap dan ditampung pada wadah tersendiri. Khusus yang no.12 ini kalau Anda belum berpengalaman bisa minta bantuan Teknisi.
\

Error e27 canon mp198

Assalammualaikum wr wb.
dah lama absen nulis nih.... kali ini saya posting tentang error e27 pada mp198. tentunya dah banyak postingan semacam ini di mbah google. tapi ini asli dari pengalaman pribadi.
okay kita langsung menuju tkp....

Mau dapat komisi dengan modal dengkul alias gratis? silahkan daftar disini
Mau jadi idaman setiap wanita? dapatkan rahasianya 
disini 
Berwirausaha online dengan modal gratis di klik disini
Baju bali murah dapatkan di http://www.bajubaliku.com


lakukan step by step yaa...
1. Tancapkan kabel power ke printer
2. Tekan dan tahan tombol Stop/Reset
3. Tekan dan tahan tombol power
4. Lepas tombol Stop/Reset lalu pencet 2x (tunggu sampai lcd menunjukkan angka 0)
5. Siapkan 2 kertas pada paper tray
6. Gunakan resetter silahkan download resetter mp198 (extrac dan jalankan)
7. Klik MAIN ( printer akan mencetak 1 halaman )
8. Klik PLATEN ( printer akan mencetak 1 halaman)
9. Matikan printer dengan memencet tombol power
10.Selesai printer anda kembali normal.


Demikian posting cara reset error e27 pada printer mp198.
Moga bermanfaat.
Wasalammualaikum wr wb.
ADNAN SERVISINDO KOMPUTER10:2710 komentar Description: http://img1.blogblog.com/img/icon18_email.gif

Kamis, 18 Agustus 2011

Cara reset error P10 canon MP258

Assalammualaikum Wr.Wb


MP258 satu printer banyak masalah error. 
Kode error yang terdapat pada MP258 :

Kode Error MP258 ada 2 jenis kode, yaitu :
1. yg menggunakan huruf depan P, misal P07
2. yg menggunakan huruf depan E, misal E05

Kode Error P Canon MP258 :
P02 (Carriage error)
Solusi :
1. Pastikan tidak ada benda asing yg nyangkut di roll printer.
2. Bersihkan dan cek encodernya, mungkin kena cipratan tinta.

P03 (Line feed error)
Penyebab : Timing Disk kotor / rusak.
Solusi :
1. Cek timing disk sensor di sebelah kiri printer
2. Cek dan bersihkan boardnya.

P05 (ASF sensor error)
Penyebab : sensor pendeteksi kertas Canon MP258 Error.
Solusi :
Coba ganti salah satu spare part berikut ini :
• ASF / PE sensor unit.
• Motor .
• Board Printer Canon MP258.

P06 (Internal temperature error):
Penyebab : panas yg berlebihan di dalam printer Canon MP258.
Solusi :
1. Bersihkan bagian dalam printer MP258.
2. ganti Board Printer MP258

P07 (Ink absorber full):
Penyebab : Ink Counter Full / Penuh, Printer Canon MP258 minta di reset pakai Software.
Solusi : Reset Printer Canon MP258 dengan menggunakan software

P08 (Print head temperature rise error):
Penyebab : Head terlalu panas, melebihi ambang batas, biasanya Catridge warnanya
Solusi :
Coba ganti catrid warna Printer Canon MP258.

P09 (EEPROM error)
Penyebab : EEPROM board Canon MP258 mengalami Corrupt atau rusak.
Solusi :
1. ganti Board Printer Canon MP258.

P15 (USB VBUS over current)
Penyebab : Printer kelebihan arus dari kabel USB Printer Canon MP258.
Solusi :
1. Coba Ganti Kabel USB Printer Canon MP258.
2. Jika masih rusak, ganti Board Printer Canon MP258.

P20 (Other hardware error)
Penyebab : kerusakan hardware lainnya
Solusi :
ganti Board Printer Canon MP258.

P22 (Scanner error)
Penyebab : scanner tidak berfungsi
Solusi :
1. Ganti scanner Printer Canon MP258.
2. Ganti Board Printer Canon MP258.

Kode Error E canon MP258 :

E04 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik.
Solusi : Ambil catridge, trus pasang lagi

E05 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik atau salah satu catrid ada yg rusak
Solusi :
1. Ambil catridge, trus pasang lagi
2. Ganti catridge jika ada yg rusak

E14 dan E15 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik.
Solusi : Ambil catridge, trus pasang lagi

E13 dan E16: Ink has run out / catridge minta di reset.
Solusi :
Tekan tombol STOP / Reset selama 5 - 15 detik tunggu sampai led 
display berproses.



Untuk error P10 atau error B200 saya dapat kiriman dari teman. silahkan Download Panduan reset error P10 pada MP258

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. silahkan tinggalkan jejak...
Silahkan copas jika artikel ini bermanfaat, tapi jangan lupa sertakan sumbernya ya...
ADNAN SERVISINDO KOMPUTER15:026 komentar Description: http://img1.blogblog.com/img/icon18_email.gif

Senin, 20 Juni 2011

Cara Reset kode error E05 canon MP258

Assalammualaikum wr.wb
Salam sejahtera dan salam hormat dari saya,
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfCFCM1PSgkoHOBvfMwGmnCpbCD-VWu1Y8uOz38tSt_Fkg3ILTztpoPFnLTZizKIsHdDsqJWC_fAOd-BHibsrnP_7CTJr5PvmgGd7DyrsQt56OnlZ53BHC-4PD5iVDOaLk_C9FefX67jQ/s200/mp258.jpeg
Mau dapat komisi dengan modal dengkul alias gratis? silahkan daftar disini
Mau jadi idaman setiap wanita? dapatkan rahasianya
disini 
Berwirausaha online dengan modal gratis di klik disini
Film Hp Laserjet 1000s  murah dapatkan di 
sparepart murah
Seperti biasa printer ini sering dan selalu error. Untuk kali ini saya mau sharing kode error E05 pada printer canon mp258. kode error E05 sering kali identik dengan kerusakan catridge pada printer yang pemasangannya kurang bagus atau pin pada caried unit terkena luberan tinta. jika pemasangan catridge sudah bagus dan pin pada caried unit juga baik-baik saja (maksud saya tidak terkena cipratan tinta) maka catridge harus diganti.

Tapi sebelum ganti catridge silahkan ikuti petunjuk ini terlebih dahulu siapa tau catridge sehat-sehat saja. kan sayang uangnya jika dibelikan catrdge ternyata catridge tidak rusak. (mahal.com)

okay mari ikuti petunjuk ini :

1. Printer dalam keadaan mati, lepas catridge dua-duanya
2. Biarkan tutup (pengunci catrid) dalam keadaan terbuka
3. Tancapkan kabel power lalu pencet tombol on
4. printer akan bergerak (menabrak karena tutup dalam kondisi terbuka)
5. Biarkan printer sampai standby / posisi caried unit ditengah
6. Pasang catrdge dua-duanya dan tutup (pengunci catrid)
7. selesai, printer kembali normal dan siap digunakan.

Sekian dari saya resep kode error E05 pada canon MP258, jika ada pertanyaan jangan sungkan. dan jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman yang lain.
Silahkan copypaste dan jangan lupa kasih link ke blok ini.  Terima kasih
Beberapa masalah yang sering terjadi pada printer di antaranya adalah:

Tulisan terputus-putus
Catridge bocor
Tinta warna tidak sempurna
Suara printer terlalu nyaring
Memprint terlalu lama
Tinta warna cepat beku
Permasalahan-permasalahan tersebut di atas memang selalu membikin repot bagi pengguna printer, apalagi bagi mereka yang memanfaatkan printernya itu untuk mencetak foto. Kesempurnaan Kwalitas warna sangat diutamakan. Masalah-masalah seperti ini tidaklah sulit untuk mengatasinya bagi mereka yang sudah tahu cara perawatan dan tekhnik memperbaiki printer tersebut.
Sekedar berbagi, berikut adalah beberapa tekhnik perbaikan printer sesuai dengan permasalahan yang ditimbulkannya.

Tulisan terputus-putus

Hal ini bisa diakibatkan oleh dua macam. Yang pertama adalah disebabkan tinta printer sudah mulai habis. Yang kedua karena tinta pada permukaan lubang catridge membeku. Lebih parahnya lagi juga bisa mengakibatkan printer tidak dapat mengeluarkan tinta sama sekali. Untuk mengatasi permasalahan yang kedua itu bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Klik file – print – properties – Maintenance – cleaning. Lakukanlah hal ini beberapa kali. Setelah itu cek hasil cleaning tadi dengan cara klik Nozzle check. Apabila timbul garis yang tidak terputus-putus seperti contoh yang akan diberikan oleh software sebagai perbandingan hasilnya berarti anda telah berhasil memperbaiki masalah printer anda. Apabila hal ini tidak begitu berhasil, lakukan deep cleaning dengan cara mengklik deep cleaning. Deep cleaning dan cleaning berfungsi untuk memompa keluar tinta pada permukaan lubang catridge. Oleh sebab itu apabila anda melakukan ini maka otomatis tinta akan cepat habis. Jadi lakukanlah seperlunya saja.
  2. Apabila tekhnk di atas tidak berhasil juga ada cara lain yang bisa anda lakukan: Buka penutup printer dan ambil catridgenya. Rendam bagian bawah catridge ke dalam air panas untuk beberapa lama. Biarkan tinta yang keluar dari lobang catridge menggenangi mangkuk. Hal ini akan mencairkan tinta printer yang membeku tadi. Setelah beberapa saat keringkan bagian bawah catridge dengan menggunakan tisu. Silakan lakukan pengisian ulang tinta karena tadi telah banyak keluar dan larut bersama air. Bila perlu kuras dulu tinta dalam catridge dengan menggunakan jarum suntik. Hal ini bisa dilakukan karena biasanya tinta dalam catridge itu telah kemasukan air sehingga warna yang dikeluarkan tidak maksimal. Setelah itu pasang kembali catrige ke dalam printer.
  3. Selesai
Mmmhh… Untuk permasalahan priter lainnya seperti Catridge bocor, tinta warna tidak sempurna dll Insya Allah akan saya tulis pada postingan selanjutnya aja, deh….

Terus berkunjung ke blog aku, ya… Semoga sukses!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

ilmu komputer

ilmu komputer
jos
a href="http://faizdcd10.blogspot.com/2012/09/kumpulan-animasi-blog-kamen-rider-kode.html" style="bottom: 5px; display: scroll; left: 5px; position: fixed;" title="Want more... Click it."> a href="http://faizdcd10.blogspot.com/2012/09/kumpulan-animasi-blog-kamen-rider-kode.html" style="bottom: 5px; display: scroll; left: 5px; position: fixed;" title="Want more... Click it.">

Popular Post

Blogger templates

href="http://faizdcd10.blogspot.com/2012/09/kumpulan-animasi-blog-kamen-rider-kode.html" style="bottom: 5px; display: scroll; left: 5px; position: fixed;" title="Want more... Click it.">
restu hadi. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © tkj restu hadi(restuwaw) -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -