Posted by : tkj restu hadi(restuwaw) Sabtu, 09 Maret 2013



Semoga materi yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian.
Perlu teman-teman ketahui bahwa Motherboard adalah merupakan tempat utama meletakkan periperal
komputer seperti prosesor, RAM, keyboard, mouse, kartu grafis,
kartu suara dan kartu jaringan. Motherboard itu banyak sekali jenisnya dan tipenya,itu tergantung pada komputer (jenis komputer)
dan tergantung pada tekhnologi ProsesornyaDalam apapun itu, yang namanya barang entah itu barang elektronik maupun lainnya, pasti membutuhkan sebuah perawatan. Begitu juga Komputer. Pasti juga membutuhkan sebuah perawatan. untuk kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara saya Melakukan perawatan pada Motherboard komputer Sesuai pengalaman kerja saya.

Motherboard merupakan atau termasuk Hardware (komponen yang nyata bisa dilihat). Dimana disana terdapat beberapa Slot dan lain sebagainya. Dimana Slot itu merupakan letak dari komponen-komponen yang lain seperti RAM,Sound card dll. Dan sangat rentan sekali terhadap kotoran misal debu. Debu merupakan partikel kecil seperti tanah yang sangat halus sekali yang terbawa oleh angin. Meskipun sangat kecil ukurannya,tapi apabila dibiarkan terus menerus akan menjadi sebuah masalah yang besar, misal pengerasan debu itu sendiri dan terhambatnya sirkulasi udara. Didalam CPU termasuk isinya Debu sangat mengaggu sekali kinerja CPU itu sendiri. Debu juga menyebabkan Suhu yang ada di dalam CPU meningkat drastis. sehingga menggangu kinerja CPU/Komputer itu sendiri. Sehingga perlu penanganan khusus pada masalah Debu ini.

Pada Motherboard, Debu juga menjadi musuh baginya.Knapa tidak, seperti yang saya utarakan tadi yaitu dapat meningkatkan suhu dan menghambat kinerja komponen itu sendiri. Merawat Motherboard,,, Bagaimana caranya?? humt.....pengen tau yach...oke deeh. aku kasih tau. menurut pengalaman saya "Bagaimana Sich caranya merawat Motherboard".... Dalam 1 Bln sekali atau bahkan hanya 2 Minggu sekali saya selalu menggecek keaadaan CPU saya yaitu bagian dalamnya terutama Motherboard, sebelum Melakukan perawatan Motherboard, maka terlebih dahulu kita siapkan alat-alat nya, apa itu..yaitu
* Kuas
* Tisu/Kain halus ini kadang diperlukan kadang tidak
* penyedot Debu Mini bisa juga menggunakan Kompresor.
Langkah-langkahnya:

1. Bersihkan Seluruh bagian Motherboard dengan Kuas

2. Setelah itu Gunakan Penyedot Debu Mini atau Kompresor agar Debu yang tersisa bisa hilang. Kompres atau sedot semua bagian Motherboard sampai benar-benar bersih.

3. Kain halus digunakan apabila terdapat debu yang sulit dihilangkan yaitu debu/Kotoran yang sudah mengering. Caranya yaitu Semprot Kain halus atau Tisu dengan Cairan Pembersih, Setelah itu usapkan pada bagian komponen yang terkena debu (Debu yang sudah mengering).

4. Setelah semua dikira bersih, kemudian pasang kembali Motherboard kedalam CPU kembali..

5. Pasang kembali Card-card seperti Ram dll dan Power Spplynya..(Seperti biasa)

6. Selesai

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

ilmu komputer

ilmu komputer
jos
a href="http://faizdcd10.blogspot.com/2012/09/kumpulan-animasi-blog-kamen-rider-kode.html" style="bottom: 5px; display: scroll; left: 5px; position: fixed;" title="Want more... Click it."> a href="http://faizdcd10.blogspot.com/2012/09/kumpulan-animasi-blog-kamen-rider-kode.html" style="bottom: 5px; display: scroll; left: 5px; position: fixed;" title="Want more... Click it.">

Popular Post

Blogger templates

href="http://faizdcd10.blogspot.com/2012/09/kumpulan-animasi-blog-kamen-rider-kode.html" style="bottom: 5px; display: scroll; left: 5px; position: fixed;" title="Want more... Click it.">
restu hadi. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © tkj restu hadi(restuwaw) -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -