Posted by : tkj restu hadi(restuwaw) Senin, 30 September 2013

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai cara install / membuat hiren boot cd kedalam flashdisk. kalau teman-teman mau melihat postingan tersebut bisa disini . nah tentu sebagian dari anda sudah sering menggunakan hiren Boot CD, untuk kepentingan backup data, lupa password login windows, pembagian partisi, scan virus dan lain sebagainya, mungkin sudah biasa, kadang dijalankan di cd booting hiren ataupun flashdisk. nah kali ini kita akan bahas di machine virtual, maksudnya sama seperti menjalankan OS virtual di OS utama, sama halnya menjalankan hiren Boot CD di machine virtual (yang digunakan adalah virtualbox 4.1.8) baik untuk keperluan uji coba maupun untuk tool memperbaiki OS virtual lainnya.
Baiklah langsung saja ke langkah cara membuatnya. tapi sebelumnya anda harus sudah mempunyai iso hiren, kalau belum bisa di download disini . dan juga anda telah menginstall virtualbox,baik untuk windows maupun linux. silahkan jalankan virtualbox anda.anggap sajadi virtual box sudah ada OS seperti gambar dibawah ini.
hiren virtualbox
dan saya akan menjalankan hiren Boot CD di OS Windows XP Virtual, klik OS Windows XP Virtual dan pilih "Settings" maka akan tampil jendela settings, kemudian pilih tab "Storage" Seperti gambar dibawah ini
setting virtual box for hiren
Kemudian pilih "Add CD/DVD Device" pada "IDE Controller". setelah anda klik maka akan tampil jendela konfirmasi seperti gambar berikut.
konfirmasi linux
Pilih saja "Choose Disk" untuk memilih hirennya, arahkan browse file ke file iso Hiren Boot CD anda, kebetulan yang saya gunakan hiren boot cd 15.0. setelah anda memilih file ISOnya, kemudian langkah selanjutnya seperti gambar berikut.
Hiren boot cd 15.0
Klik dulu CD Hiren Boot CDnya, kemudian setting Attributes "CD/DVD Drive" dengan "IDE Primary Slave" supaya diboot pertama nanti saat boot OS dengan Virtualbox dan jangan lupa untuk mencontreng "Live CD/DVD" seperti gambar di atas.
Klik OK, dan jalankan OS virtualnya. setelah itu maka akan tampil boot cd hiren Boot CD seperti gambar di bawah ini jika telah sukses.
boot hiren
Nah silahkan coba masuk dengan memilih "Mini Windows XP". tetapi jika tidak bisa, restart lagi dan sebelum boot tekan F12 untuk pilih manual, dan pilih boot From CD Hiren Boot CD. sekian dulu postingan kali ini. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

ilmu komputer

ilmu komputer
jos
a href="http://faizdcd10.blogspot.com/2012/09/kumpulan-animasi-blog-kamen-rider-kode.html" style="bottom: 5px; display: scroll; left: 5px; position: fixed;" title="Want more... Click it."> a href="http://faizdcd10.blogspot.com/2012/09/kumpulan-animasi-blog-kamen-rider-kode.html" style="bottom: 5px; display: scroll; left: 5px; position: fixed;" title="Want more... Click it.">

Popular Post

Blogger templates

href="http://faizdcd10.blogspot.com/2012/09/kumpulan-animasi-blog-kamen-rider-kode.html" style="bottom: 5px; display: scroll; left: 5px; position: fixed;" title="Want more... Click it.">
restu hadi. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © tkj restu hadi(restuwaw) -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -